Skip to main content

Cara Menggabungkan Isi dari Beberapa Sel pada MS Excel Menjadi Satu

5Office | Bismillah. Aplikasi perkantoran yang satu ini merupakan aplikasi yang tidak asing di telinga kita. Kemudahan yang diberikan akan membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan kita. Salah satunya adalah bagaimana cara menggabungkan isi beberapa sel menjadi satu saja. 

Cara Menggabungkan Isi dari Beberapa Sel pada MS Excel Menjadi Satu

Anda bisa menggabungkan isi beberapa sel di Excel menjadi satu menggunakan tiga cara berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga cara tersebut:

Menggunakan Fungsi CONCAT

Cara pertama adalah dengan menggunakan fungsi CONCAT, yang hanya tersedia pada Excel 2019 dan Excel 365. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pilih sel-sel yang ingin digabungkan.
  • Ketikkan fungsi CONCAT pada sel kosong atau pada sel yang ingin diisi dengan hasil gabungan teks, seperti contoh berikut: =CONCAT(A1," ",B1," ",C1)
  • Masukkan teks atau sel yang ingin Anda gabungkan ke dalam fungsi CONCAT, di antara tanda kutip. Anda juga dapat memasukkan karakter spasi atau tanda baca lainnya untuk memisahkan teks atau sel.
  • Tekan tombol Enter untuk menyelesaikan proses.
Menggunakan Fungsi CONCATENATE

Cara kedua adalah dengan menggunakan fungsi CONCATENATE. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih sel-sel yang ingin digabungkan.
  • Ketikkan fungsi CONCATENATE pada sel kosong atau pada sel yang ingin diisi dengan hasil gabungan teks, seperti contoh berikut: =CONCATENATE(A1," ",B1," ",C1)
  • Masukkan teks atau sel yang ingin Anda gabungkan ke dalam fungsi CONCATENATE, di antara tanda kutip. Anda juga dapat memasukkan karakter spasi atau tanda baca lainnya untuk memisahkan teks atau sel.
  • Tekan tombol Enter untuk menyelesaikan proses.

Menggunakan Operator &

Cara ketiga adalah dengan menggunakan operator &. Berikut adalah langkah-langkahnya:


Pilih sel-sel yang ingin digabungkan.

Ketikkan tanda sama dengan (=) pada sel kosong atau pada sel yang ingin diisi dengan hasil gabungan teks, seperti contoh berikut: =A1 & " " & B1 & " " & C1

Masukkan teks atau sel yang ingin Anda gabungkan di antara tanda kutip atau referensikan sel yang ingin Anda gabungkan.

Tekan tombol Enter untuk menyelesaikan proses.


Setelah Anda selesai menggunakan salah satu dari tiga cara di atas, Anda bisa menyalin rumus hasil gabungan teks yang telah Anda buat ke sel lain dengan menekan tombol Ctrl + C dan Ctrl + V pada keyboard.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar